SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI

Tahapan Membuat Program

Posted by The Gorengan's | Posted in | Posted on 10.50

NAMA = TAUFIQQURRAHMAN
N.I.M = 12100125
KELAS = 12.3B.07

Definisi
Pemrograman yaitu rangkaian instruksi – instruksi dalam bahasa komputer yang disusun secara logis dan sistematis. Proses pemrograman komputer bertujuan untuk memecahkan suatu masalah dan membuat mudah pekerjaan dari user (pengguna komputer)
Tahapan-Tahapan Membuat Program;

Membuat Suatu Program Yang Kompleks
Untuk membuat program yang besar dan kompleks, programmer membutuhkan tahapan-tahapan dibawah ini :

a. Definisi Masalah
Menentukan model /rancangan apa yang akan dibuat untuk penyelesaian masalah. Tujuan dari langkah pendefinisian masalah adalah untuk mendapatkan pengertian atau pemahaman yang lebih mendalam tentang masalah yang ada. Yang dengan demikian akan dapat diperoleh asumsi–asumsi yang baik dan benar guna memecahkan masalah. Pada tahap ini pemrogram juga dapat menentukan batasan–batasan agar masalah tidak menjadi tak terbatas.

b. Analisis Kebutuhan
Menentukan data untuk masukan dan keluaran yang diminta, bahasa pemrograman yang digunakan serta tipe komputer apa yang dibutuhkan

c. Desain Algoritma / Membuat Rumusan Pemecahan Masalah
Membuat susunan langkah-langkah/instruksi penyelesaian masalah. Hal ini dapat dilakukan dengan 2 cara :
• Menggunakan Flowchart
• Menggunakan bahasa semu (pseudocode)

d. Bahasa Pemrograman
Pembuatan program dengan menggunakan bahasa pemrograman. Pemrograman merupakan suatu proses guna mengimplementasikan algorithma dengan menggunakan suatu bahasa pemrograman. Suatu hal yang cukup penting sebelum seorang pemrogram mulai menyusun program adalah memilih bahasa pemrograman yang akan digunakan.

e. Testing dan Debugging
Pada Dasarnya ada 2 istilah untuk menyebut pengujian pada program yaitu testing dan debugging. Testing adalah proses mengeksekusi program secara intensif untuk menemukan kesalahan , sedangkan Debugging adalah saat menemukan kesalahan sampai kesalahan itu diperbaiki sehingga tidak ada kesalahan lagi (Fase Profilling/Fase bebas kesalahan program)

f. Dokumentasi
Digunakan untuk file backup

g. Pemeliharaan
Upaya yang dilakukan dengan Menghindari kerusakan atau hilangnya suatu program baik hardware maupun Human Error. Program yang sudah selesai disusun pasti membutuhkan pemeliharaan atau perawatan yang meliputi :

* Penambahan atau peningkatan atau perbaikan program

* Adaptasi program dengan produk perangkat keras atau lunak yang baru.

* Koreksi terhadap kesalahan yang timbul.

* Jadi pemeliharaan program berarti melakukan koreksi (corrective) , adaptasi (adaptaive) dan melengkapi fasilitas guna mengantisipasi kebutuhan masa depan.

Membuat Suatu Program Yang Sederhana
Untuk membuat suatu program yang sederhana, programmer tidak perlu menggunakan tujuh tahapan diatas, tetapi cukup beberapa tahap saja, seperti :

1. Definisi Masalah
2. Desain Algoritma
3. Bahasa Pemrograman
4. Testing and Debugging


Karakteristik Seorang Programmer

1. Mampu menyusun algoritma dengan baik dan logis.
2. Memiliki ketekunan dan ketelitian yang tinggi.
3. Menguasai bahasa dan teknik penulisan program dengan baik.
4. Dapat bekerja sama dalam suatu tim.
5. Dapat bekerja secara efisien dan tepat waktu


Menulis Program Interaktif
Program dikatakan interaktif jika program tersebut dapat dipergunakan oleh pemakai secara mudah serta pemakai dapat mengerti tentang proses yang sedang dilakukan oleh program.

1. Program harus dapat melakukan validasi terhadap setiap data yang masuk.
2. Program harus dapat mengecek setiap kemungkinan- kemungkinan yang penting, yang akan muncul pada data masukan.
3. Buatlah format masukan sesederhana mungkin
4. Buatlah agar program dapat memberikan tanda bahwa data yang dikehendaki sudah terpenuhi.
5. Berikan label atau keterangan pada setiap keluaran, termasuk bentuk pesan kesalahan apabila sipemakai salah mengoperasikan program tersebut.
6. Berikan pesan, apabila program sedang melakukan suatu proses yang memerlukan suatu waktu tunggu.

Comments (1)

tes

Posting Komentar